Senin, 25 Mei 2015

Kutipan dan Daftar Pustaka

Kutipan langsung:
1.    Kutipan langsung kurang dari 4 baris:
Skripsi : “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan  Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di SMP Islam Al-Irsyad Cilacap”
Dian Afrisa mengatakan, “dari penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuian diri pada siswa artinya bahwa semakin tinggi nilai dukungan sosial maka semakin tinggi pula penyesuaian diri pada siswa dan begitu pula sebaliknya” (2012: 79)

Surat kabar:
Corat-coret baju seragam dan arak-arakan kendaraan setelah Ujian Nasional (UN), sepertinya mulai ditinggalkan pelajar sekarang ini. Kini budaya baru pun muncul, seperti pesta bikini yang baru-baru ini beredar dan menghebohkan media sosial. Acara ini tersiar di media sosial dan pengunggah video Youtube pada rabu 22 April. Tak lama diunggah iklan yang berupa flyer itu, langsung geger diperbincangkan para onliner di Twitter. Pro dan konta pun muncul. Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengatakan akan mengusut penyelenggara acara. Dia pun mengecam penyelenggara yang dinilai tak mengindahkan budaya ketimuran yang selama ini dijunjung masyarakat. “kita akan cek, dan akan kita panggil penyelenggaranya tapi belum ketahuan ini. Tunggu saja, kalau ketahuan akan lekas dipanggil penyebarnya (undangan melalui media sosial),” kata Pejabat Sementara (Pjs) Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Widjanarko. (liputan6.com, diunggah tanggal 25 April 2015).

2.    Kutipan langsung lebih dari 4 baris:
Jurnal: Perbedaan Kualitas Tidur dan Kualitas Mimpi Antara Mahasiswa Laki-laki dan Mahasiswa Perempuan
Kualitas tidur menurut Mass adalah:
suatu keadaan di mana kesadaran seseorang akan sesuatu menjadi turun, namun aktivitas otak tetap memainkan peran yang luat biasa dalam mengatur fungsi pencernaan, aktivitas jantung dan pembuluh darah, serta fungsi kekebalan, dalam memberikan energi pada tubuh dan dalam pemprosesan kognitif, termasuk dalam penyimpanan, penataan, dan pembacaan informasi yang disimpan dalam otak, serta perolehan informasi saat terjaga” (Mass, 2004: 78-79).

Internet:
Tohirin menjelaskan bahwa tujuan bimbingan belajar adalah sebagai berikut:
secara umum tujuan layanan bimbingna belajar adalah membantu siswa agar mencapai perkembangan yang optimal, sehingga tidak menghambat perkembangan siswa. Siswa yang perkembangannya terhambat atau terganggu akan berpengaruh terhadap perkembangan atau kemampuan belajarnya. Selain tujuan umum tersebut, secara khusus dapat diketahui bahwa bimbingan belajar bertujuan agar siswa mampu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah belajar, serta siswa dapat mandiri dalam belajar”. (Tohirin, 2007: 131).
                                                  
3.    Kutipan tidak langsung
Buku : Pemahaman Individu Teknik Nontes
Metode observasi merupakan salah satu intrument alat non tes dalam bimbingan dan konseling yang digunakan untuk melakukan assesment. Observasi dilakukan dengan cara observer melakukan pengamatan kepada observee bisa bersifat langsung dan tidak langsung. Pengamatan yang dilakukan tidak hanya menggunakan pancaindra penglihatan saja tetapi juga menggunakan pancaindra pendengaran dan penciuman karena ketika observer melakukan pengamatan kepada observee tidak semua gejala bisa diamati dengan penglihatan saja terkadang ada beberapa gejala yang bisa ditangkap oleh pancaindra pendengaran dan penciuman.
Internet : Blog
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang dapat membentuk karakter atau jiwa peserta didik untuk menjadi peserta didik yang mempunyai moral dan akhlak yang yang berbudi luhur. Pendidikan karakter sangat cocok diterapkan di Indonesia karena karakter dai peserta didiknya sudah mengalami kemunduran karena sekarang ini banyak terjadi kasus pergaulan bebas, tindakan kriminal dikalangan pelajar, pornografi, dan narkoba. Sehingga dengan pendidikan karakter sangat dibutuhkan di sekolah-sekolah di Indonesia baik itu tingkat SD, SMP, SMA/SMK. (belajarpsikologi.com, diunduh tanggal 27 April 2015 pukul 11.47 WIB).
4.    Kutipan catatan kaki
Buku : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Dasar

Belajar pada dasarnya merupakan proses dan usaha untuk mendapatkan sebuah perubahan, baik dari sisi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Namun demikian, belum tentu semua proses belajar akan berhasil dengan mudah. Barangkali penting dikutip di sini bagaimana Slameto menjelaskan syarat proses belajar:
salah satu syarat yang harus dipenuhi agar proses belajar dapat terjadi dan berjalan dengan baik dengan adanya bimbingan. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari karakteristik peserta didik dan permasalahan-permasalahan belajar yang selalu ada. Artinya, proses belajar dapat berjalan tanpa proses bimbingan.1


Peraturan pemerintah (permendikbud no 111 tahun 2014)
 Layanan bimbingan dan konseling memiliki tujuan membantu konseli mencapai perkembangan optimal dan kemandirian secara utuh dalam aspek pribadi, belajar, sosial, dan karir.2




















 


1.    Irham Muhamad, Novan Ardy Wiyani. 2014. Bimbingan dan Konseling : Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
2.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 111 tahun 2014.

DAFTAR PUSTAKA

Haryanto. 2012. “Pengertian Pendidikan Karakter”. Dalam http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-karakter/. Diakses pada hari Senin tanggal 27 April 2015 pukul 11.47 WIB.
Irham Muhamad, Novan Ardy Wiyani. 2014. Bimbingan dan Konseling : Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Nasroni, Fuad dan R. Rachmy Diana. 2004. “Perbedaan Kualitas Tidur dan Kualitas Mimpi antara Mahasiswa Laki-laki dan Mahasiswa Perempuan”. Hlm 78-79. Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.
Nugraheni, Dian Afrisia. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di SMP IslamAl-Irsyad Cilacap. Skripsi Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 111 tahun 2014.
Rhardjo Susilo dan Gundnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.
Tohirin. 2010. “Tujuan Layanan Bimbingan Belajar”. dalam http://eprints.uny.ac.id/7750/3/bab%202%20-%2006104241011.pdf. Diakses pada hari Sabtu tanggal 11 April 2015 pukul 11.28 WIB.
Triono, Sugeng dan Ahmad Romadoni. 2015. “Geger Undangan Pesta Bikini Usai UN” Dalam liputan6.com, 25 April. Jakarta


.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar